Rabu, 04 Juli 2018

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan

Kita semua pasti mengenal dengan tumbuhan rempah dengan bentuk rimpang khas dari Indonesia, yaitu jahe. Jahe merupakan salah satu rempah-rempah yang sering dimanfaat oleh orang kita sebagai alternatif obat tradisional karena kaya akan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Meskipun hanya berbentuk kecil, jahe memiliki berbagai macam khasiat didalamnya.
Manfaat jahe merah, sumber : blogspot.com
Jenis dari jahe sendiri ada beberapa macam, seperti jahe emprit, gajah dan jahe merah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan. Dibandingkan dengan jenis jahe lainnya, jahe merah memiliki ukuran yang lebih kecil, namun tidak berarti khasiatnya paling sedikit. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, jahe merah ternyata dihargai lebih mahal jika dibandingkan jenis jahe lainnya.

Selain dapat menghangatkan tenggorokan, ternyata didalam kandungan jahe merah terdapat zat yang dapat menjadikan otot diarea tenggorokan yang tegang menjadi lebih lemas. Tidak hanya itu, jahe merah dapat kita olah menjadi obat tradisional yang dapat mencegah serta mengobati beragam penyakit. Mari kita simak lebih lanjut apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh kita.

Baca :Manfaat crystal x.

1. Mengobati batuk
Seperti yang telah disampaikan diatas, dengan kandungan zat yang dimilikinya, jahe dapat melemaskan otot sekitar tenggorokan dan dapat membuat tenggorokan menjadi lebih hangat. Inilah mengapa jahe banyak digunakan sebagai obat batuk alami, termasuk admin sendiri lebih memilih mengkonsumsi jahe pada saat mengalami batuk.

2. Untuk mengatasi rematik
Siapa yang menyangka bahwa rempah dengan ukuran yang kecil ini dapat bermanfaat bagi penderita rematik. Jahe diketahui dapat bermanfaat untuk mengatasi rematik, ataupun pegal linu setelah bekerja. Caranya yaitu dengan mencuci seluruh bahan (jahe merah, temulawak, cabai jawa, kumis kucing, dan daun komfrey). Iris tipis seluruh bahan tersebut, kemudian rebus dengan 4 gelas minum. Saring air hasil rebusan untuk 2 gelas. Minum 1 gelas air rebusan ramuan ini pada pagi dan sore hari.

3. Menurunkan kolesterol dalam darah
Perlu diketahui bahwa kolesterol merupakan salah satu pemicu yang dapat meningkatkan risiko Anda terkena sakit jantung koroner. Dengan mengkonsumsi jahe merah, terdapat kandungan yang bisa membantu tubuh dalam memerangi kolesterol jahat yang terdapat dalam darah sehingga peredaran darah akan kembali lancar.

4. Mengatasi sakit kepala
Manfaat dari jahe merah yang ini juga sudah sering kita dengar. Cara untuk membuat obat sakit kepala cukup mudah, yaitu dengan membakar 2-3 rimpang jahe yang sebelumnya telah dicuci bersih. Setelah jahe dibakar, memarkan jahe dan dapat dicampur dengan sedikit gula aren kedalam 1 gelas air putih. Jahe merah untuk sakit kepala Anda sudah siap diseduh.

5. Mencegah mabuk kendaraan
Kabar baik untuk Anda yang kadang mengalami mabuk saat berkendara. Salah satu manfaat jahe merah adalah dapat menetralisir zat-zat yang dapat memicu Anda mabuk pada saat bepergian. Jahe hangat dapat membuat perut Anda terasa lebih hangat dan mengurangi rasa pusing Anda saat bepergian.

Meskipun banyak manfaat yang terkandung dalam jahe merah, kami tidak menyarankan untuk dikonsumsi oleh seseorang yang memiliki riwayat sakit maag dan juga ibu hamil. Kandungan gingerol pada jahe merah dapat menimbulkan rasa panas pada lambung dan terdapat kandungan yang dapat berdampak kurang baik untuk kandungan.

Saat ini jahe merah sudah tersedia banyak di pasar, baik itu dalam bentuk rimpang ataupun yang sudah dikemas dalam bentuk sachet atau kemasan, selamat mencoba.

Artikel Terkait

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email